Tekanan udara maksimum dan tekanan udara minimum Kelembaban udara relatif dan kelembaban udara maksimum Hubungan antara suhu dan udara

Geografi kelas 10 (semester genap) Kurikulun 2013 BAB : DINAMIKA ATMOSFER BAGI KEHIDUPAN


KOMANG_BUDI.BLOG - 
PERTANYAAN : APA YANG DIMAKSUD
  1. Tekanan  udara maksimum dan tekanan udara minimum 
  2. Kelembaban udara relatif dan kelembaban udara maksimum
  3. Hubungan antara suhu dan udara.                
JAWAB : 
  1.  A. Tekanan udara maksimum, yaitu apabila saat nilai tekanan udara mencapai titik tertinggi biasanya terjadi di daerah yang sangat tinggi. 
            B.Tekanan udara minimum, yaitu apabila saat nilai tekanan udara mencapai titik terendah                        biasanya  terjadi di bawah laut atau dataran rendah.

2. A. Kelembaban udara maksimum (Kelembaban mutlak) atau biasa disebut kelembaban absolut adalah massa uap air dalam udara per satuan volume. Kelembaban absolute bergantung volume paket udara, meski kandungan air sama, kelembaban absolute bisa berbeda. Contoh : 1 m3 udara suhunya 250 C terdapat 15 gram uap air maka kelembaban mutlak = 15 gram. Jika dalam suhu  yang sama , 1 m3 udara maksimum mengandung 18 gram uap air, maka Kelembaban relatifnya = 15/18 X 100 % = 83,33 %.
Massa uap air per satuan volume udara yang mengandung uap air tersebut (kelembaban mutlak)
ρv = mv /V
Ρ= kerapatan uap air (kg m-3)
Mv= massa uap air (kg) pada volume udara sebesar V
V = volume udara (m3)

Pada daerah lembab seperti di daerah tropis, ρv akan lebih tinggi daripada daerah temperate yang relatif kering terutama pada musim dingin (winter).
Pada musim dingin kapasitas udara untuk menampung uap air menjadi kecil.

 B.  Kelembaban relatif atau nisbi adalah perbandingan jumlah uap air di udara dengan yang terkandung di udara pada suhu yang sama. Misalnya pada suhu 270C, udara tiap-tiap 1 m3maksimal dapat memuat 25 gram uap air pada suhu yang sama ada 20 gram uap air,maka lembab udara pada waktu itu sama dengan

20    x  100 % = 80 %

25 
Kelembaban nisbi merupakan perbandingan antara kelembaban aktual dengan kapasitas udara untuk menampung uap air. Bila kelembaban aktual dinyatakan dengan tekanan uap aktual (ea), maka kapasitas udara untuk menampung uap air tersebut merupakan tekanan uap jenuh (es) . Sehingga kelembaban nisbi (RH) dapat dituliskan dalam (%) sebagai berikut :

RH = 100 ea/es

ea = kelembaban aktual/tekanan uap air          aktual
es = kapasitas udara untuk menampung          uap air/tekanan uap jenuh

Bila RH 100% maka tekanan uap aktual akan sama dengan tekanan uap jenuh. Tekanan uap jenuh tergantung oleh suhu udara. Semakin tinngi suhu udara maka kapasitas untuk menampung uap air atau es meningkat. Oleh sebab itu pada ea yang tetap, RH akan lebih kecil bila suhu udara meningkat dan sebaliknya RH makin tinggi bila suhu udara lebih rendah.

3. Tekanan udara naik maka suhu naik 
               Tekanan udara turun maka suhu turun. 

Rumusnya : 
P1/T1=P2/T2 

                Persamaan diatas berlaku untuk gas ideal. Gas ideal itu adalah gas real (yang                      benar- benar ada diluar) yang diidealisasikan sehingga persamaannya menjadi                      mudah. Sifat-sifat gas real mendekati sifat-sifat gas ideal pada kondisi tertentu. 
                Kamu bisa merasakan juga perubahan tekanan udara mengakibatkan perubahan                  suhu gas. Caranya sederhana. Balikkan sebuah wadah atau mangkuk yang                          dicelupkan kedalam air. Maka akan tersisa udara diatas permukaan air di dalam                    wadah atau mangkuk itu. Rasakan suhu udara dengan memasukkan tangan                          kamu ke dalam udara yang ada didalam wadah. Semakin dalam kamu                                  mencelupkan wadah kedalam air  maka semakin tinggi tekanan udaranya dan                      semakin tingg isuhunya. 

2 Responses to "Tekanan udara maksimum dan tekanan udara minimum Kelembaban udara relatif dan kelembaban udara maksimum Hubungan antara suhu dan udara"

Komentar yang tidak sesuai dengan syarat & ketentuan kami, akan kami hapus