Hukum Buys Ballot II Gaya, Daerah tekanan udara minimum, Angin darat, Angin siklon, Angin musim

Geografi kelas 10 (semester genap) 
Kurikulun 2013 
BAB : DINAMIKA ATMOSFER BAGI KEHIDUPAN

KOMANG_BUDI.BLOG - Pertanyaan : Jelaskan dengan singkat:
  1. Hukum Buys Ballot II
  2. Gaya 
  3. Daerah tekanan udara minimum
  4. Angin darat
  5. Angin siklon
  6. Angin musim
Jawab: 
  1.  
    Hukum Buys Ballot :
    1. (HUKUM I) Angin mengalir dari tempat yang bertekanan maksimum (dingin) ke tempat yang bertekanan minimum (panas).
    2. (HUKUM II) Angin yang datang dari belahan Utara dibelokkan ke kanan, sedangkan angin yang datang dari belahan Selatan dibelokkan ke kiri.
              
  2. Gaya coriolis adalah gaya semu yang muncul akibat pengaruh gerakan rotasi bumi dan gerakan udara nisbi terhadap permukaan bumi. Akibat adanya gaya coriolis, maka angin tidak searah dengan gaya gradien tekanan dan tidak tegak lurus isobar. Gaya coriolis menyebabkan angin dibelokkan ke kanan dari gaya gradien tekanan di belahan bumi utara (BBU) dan dibelokkan ke kiri dibelahan bumi selatan (BBS) (Perhatikan gambar). 
  3. Daerah Tekanan udara maksimum bilamana suatu daerah pada saat nilai tekanan udara mencapai titik tertinggi biasanya terjadi di daerah yang sangat tinggi. 
    tekanan udara minimum bilamana suatu daerah pada saat nilai tekanan udara mencapai titik terendah biasanya terjadi di bawah laut atau dataran rendah.
  4. Angin darat adalah angin yang berhembus pada malam hari dari daratan menuju ke lautan. Angin ini timbul karena daratan lebih cepat menjadi dingin dibandingkan lautan, sehingga tekanan udara di daratan menjadi lebih tinggi.
  5. Angin Siklon merupakan angin yang masuk ke daerah pusat tekanan rendah yang dikelilingi oleh wilayah-wilayah pusat tekanan tinggi kemudian berputar mengelilingi garis-garis isobar.
  6. Angin Musim / Angin Muson adalah gerakan massa udara terjadi karena perbedaan tekanan udara yang mencolok antara daratan dan samudera. Proses terjadinya angin muson dipengaruhi oleh dua buah benua di belahan bumi utara dan selatan yang mengapit dua samudera, seperti Benua Asia (di utara) dan Benua Australia (di selatan) yang mengapit Samudera Hindia dan bagian barat daya Samudera Pasifik. 
Itu saja jawaban yang saya berikan jangan lupa komentar dibawah jika ada yang belum jelas.,

2 Responses to "Hukum Buys Ballot II Gaya, Daerah tekanan udara minimum, Angin darat, Angin siklon, Angin musim"

  1. Terima kasih banyak admin,,artikenya sangat membantu buat saya,,,,,karena sekarang saya masih di suruh cari materi ini oleh guru saya

    ReplyDelete

Komentar yang tidak sesuai dengan syarat & ketentuan kami, akan kami hapus