SMA Negeri  1 Kota Gajah


SMA Negeri  1 Kota Gajah
Hasil gambar untuk sma n 1 kotagajah
SMA Negeri 1 Kotagajah adalah salah satu Sekolah Menengah Atas yang berstatus Negeri di Kabupaten Lampung Tengah. Secara Geografis SMA Negeri 1 Kotagajah terletak di Jalan Raya Kotagajah, Kecamatan Kotagajah Kabupaten Lampung Tengah, jalan yang menghubungkan antara Ibukota kabupaten Lampung Tengah ( Gunung Sugih ) dan ibukota kabupaten Lampung Timur (Sukadana ).
Kondisi lingkungan di sekitar SMAN 1 Kotagajah sangat mendukung untuk terciptanya suasana pembelajaran yang nyaman, mengingat letak sekolah cukup jauh dari kebisingan pabrik, pasar, maupun terminal bis, bahkan berdekatan dengan beberapa fasilitas umum yang cukup mendukung pendidikan seperti masjid, gereja kristen, gereja katholik, rumah sakit serta masyarakat setempat sangat mendukung adanya kegiatan pendidikan untuk keberhasilan belajar peserta didik.
Keberadaan SMA Negeri 1 Kotagajah sebagai satu-satunya SMA yang bersatus Negeri di kecamatan Kotagajah ikut memberi andil terhadap keadaan Sosial, Budaya dan Ekonomi. Dengan keberadaan SMA Negeri 1 Kotagajah, para remaja dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang sekolah menengah dan dapat meneruskan ke jenjang peguruan tinggi. Ditinjau dari segi etnis, siswa SMA Negeri 1 Kotagajah menunjukkan keberagaman yang terdiri dari berbagai macam etnis/suku diantaranya; Lampung, Jawa, Bali, Batak dll. Sedangkan agama yang dianut oleh siswa meliputi; Islam, Kristen protestan, Katolik, Hindu dan Budha. Pada tahun 2016 ini SMA Negeri 1 Kotagajah memiliki siswa sebanyak 1018 siswa dari berbagai macam latar belakang ekonomi, dengan rician : golongan ekonomi pra sejahtera sebanyak 358 siswa, golongan ekonomi menengah sebanyak 213 siswa, dan golongan ekonomi sejahtera sebanyak 191 siswa.
SMA Negeri 1 Kotagajah Lampung Tengah,. berdiri pada tanggal 07 maret 1979 berdasarkan  Surat Keputusan menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor : 0188/O/1979. Dalam perjalanannya, nama SMA Negeri Kotagajah beberapa kali mengalami perubahan antara lain: (1) tahun 1998 berubah menjadi SMA Negeri 1 Punggur, perubahan ini disebabkan adanya instruksi dari Dirjend Pendidikan Menengah Depdikbud bahwa nama-nama SMP/SMA Negeri harus disesuaikan minimal sama dengan nama kecamatan dimana sekolah itu berada,pada waktu itu desa Kotagajah berada di wilayah Kecamatan Punggur, (2) tahun 1999 nama SMA Negeri 1 Punggur mengalami perubahan yang kedua menjadi SMU (Sekolah Menengah Umum) Negeri 1 Punggur. Sebagai akibat kebijakan di bidang pendidikan bahwa nama SMA Menjadi SMU, (3) tahun 2002 sebagai dampak penerapan Undang-undang Nomor 22/1999 tentang otonomi daerah, Kotagajah secara definitif berubah status menjadi Kota Kecamatan, dengan demikian nama SMU Negeri 1 Punggur mengikuti perubahan menjadi SMU Negeri 1 Kotagajah.(perubahan ketiga), (4) perubahan ke empat, terjadi pada tahun 2003 sebagai akibat dikeluarkannya Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, dimana penggunaan istilah SMU dikembalikan pada nama SMA (Sekolah Menengah Atas ), sehingga nama terakhir yang digunakan adalah nama SMA Negeri 1 Kotagajah, yang berada di Kecamatan Kotagajah, Kabupaten Lampung Tengah.
WEBSITE :
LOKASI :
INSTAGRAM :

0 Response to "SMA Negeri  1 Kota Gajah"

Post a Comment

Komentar yang tidak sesuai dengan syarat & ketentuan kami, akan kami hapus