KELAS REPTILIA | PENGERTIAN, CIRI-CIRI, KLASIFIKASI,PERANAN POSITIF DAN NEGATIF

KELAS REPTILIA | PENGERTIAN, CIRI-CIRI, KLASIFIKASI,PERANAN POSITIF DAN NEGATIF


PENGERTIAN REPTILIA
Reptil (binatang melataadalah sebuah kelompok hewan vertebrata yang berdarah dingin dan memiliki sisik yang menutupi tubuhnya. Reptilia adalah tetrapoda (hewan dengan empat tungkai) dan menelurkan telur yang embrionya diselubungi oleh membran amniotik


CIRI-CIRI REPTILIA
Berikut ini adalah ciri-ciri hewan reptilia
1. Reptil adalah hewan melata, yatiu bergerak dengan menelungkup ke tanah, sedangkan pada punggungnya mengerutkan otot dikedua sisi tulang belakang.
2. Reptil mempunyai kulit bersisik dan kering untuk beradaptasi dengan lingkungannya.
3. Reptil mempunyai kaki yang pendek dan ekor yang panjang. Disetiap kakinya mempunyai kuku yang cukup tajam untuk pertahanan dirinya.
4. Reptil memiliki ukuran tubuh yang bervariasi, namun rerptil mempunyai sruktur  tubuh yang lengkap terdiri dari kepala, leher, badan, dan ekor.
5. Reptil memiliki kulit tubuh yang terlindungi oleh perisai epidermal atau yang sering kita sebut sebagai sisik. Pada sisik reptil tersebut terdapat protein keratin yang membuat kulit reptil menjadi kedap air dan juga mencegah reptil mengalami dehidrasi pada saat udara di lingkungannya kering.
6. Peredaran darah pada reptil adalah peredaran darah tertutup ganda. Reptil memiliki 4 ruang pada jantungnya, 2 ruang serambi (atrium) dan dua ruang bilik (ventrikel). Akan tetapi sekat yang membatasi kedua bilik tersebut belum sempurna.
7. Reptil memiliki alat ekskresi yaitu berupa ginjal yang berbentuk pipih (ginjal metanephric).
8. Reptil termasuk hewan berdarah dingin. Reptil mengatur suhu tubuhnya dengan beradaptasi dengan lingkungannya
9. Reptil memiliki tiga alat indera yaitu, mata, hidung, dan telinga.
10. Reptil dapat bertahan hidup dalam waktu yang cukup lama. Seperti penyu, kura-kura, komodo, buaya dan ular.
11. Reptil mempunyai alat pencernaan yang cukup lengkap.  Alat pencernaan yang dimiliki oleh reptil meliputi mulut, faring, esogagus, lambung, usus halus, usus besar, dan kloaka. Di bagian mulut terdapat gigi dan juga lidah.
12. Hewan reptil memiliki kelenjar bau yang berada di dekat kloaka. Pada kura-kura, kelenjar bau dapat ditemukan di antara perisai dorsal (karapaks) dan perisai ventral (plastron).
13. Hewan reptil mengalami fertilisasi internal yang terjadi didalam tubuh reptil betina.
14. Reptil mayoritas sebagai predator dan pemakan daging (karnivora)
15. Reptil sebagian besar berkembangbiak dengan ovipar (bertelur), namun sebagian ada juga yang berkembangbiak dengan ovovivipar (bertelur dan beranak).


KLASIFIKASI REPTILIA.
Reptilia dapat diklasifikasikan menjadi 4 kelompok, yaitu:
1. Ordo Squamata
Squmata yaitu salah satu jenis hewan reptil yang pada umumnya memiliki kulit bersisik. Ordo Squamata yaitu ordo terbesar dari kelas reptil. Sebagian dari hewan reptil termasuk kedalam ordo squamata.
Contohnyayakni pada bangsa ular dan kadal. Ordo ini terbagi atas 3 subordo, yaitu diantaranya :
a. Subordo Lacertilia
Jenis Hewan yang satu ini termasuk kedalam subordo ini umumnya memiliki sisik yang bervariasi, bercakar dan bersifat pentadactylus yaitu pada kaki belakang yang terdiri atasjari dan terdapat selaput renang diantara jari-jari kaki tersebutHewan yang termasuk kedalam subordo ini memiliki kelopak mata dan lubang telinga. Selain itu, mereka juga memiliki lidah yang panjang dan bisa dilontarkan untuk menangkap mangsacontohnya: hewan Bunglon. Meskipun kebanyakan dari hewan dari subordo ini juga bersifat autotomi yaitu bisa melepaskan ekornya ketika ada bahaya contohnya : Cicak.
b. Subordo Serpentes
Bangsa ular yaitu salah satu jenis hewan yang termasuk ke dalam subordo. Subordo ini juga dikenal dengan suatu keunikannya yaitu tidak memiliki kaki. Ciri lainnya yaitu mereka tidak memiliki kelopak mata yang sehingga kelopak mata tersebut digantikan oleh suatu selaput transparan yang berfungsi untuk melindungi mata.
Keunikan lain dari subordo ini yaitu jenis reptil ini memiliki thermosensor, organ perasa (tactile organ) dan organ Jacobson yang sebagai reseptornya yang sehingga bangsa ular memiliki penciuman tajam yang peka terhadap sebuah rangsangan kimia di rongga hidungnyaSebagian dari bangsa ular memiliki taring bisa yang berfungsi sebagai pertahanan dan melumpuhkan mangsanya.
Contohnya : Ular
c. Subordo Amphisbaenia
Subordo Amphisbaenia jenis hewan ini tidak berkaki ntapi memiliki suatu kenampakan seperti cacing karena pada warnanya yang agak merah muda dan sisiknya yang tersusun seperti cincin. Karena waktu hidupnya kerap menghabiskan waktu di bawah tanah, yang sehingga sedikit sekali informasi yang bisa di dapatkan dari hewan reptil iniKepalanya yang bersatu dengan lehernya, tengkorak terbuat dari tulang keras, memiliki gigi median pada bagian rahang atasnya tidak memiliki telinga luar dan matanya yang tersembunyi oleh sisik dan kulit. Bentuk tubuhnya memanjang dan pada bagian ekornya hampir menyerupai kepalanya.
contohnya : dari hewan ini yakni wormlizards
2. Ordo Crocodilia
Bangsa buaya yaitu salah satu jenis dari ordo ini. Ordo crocodilian ini memiliki sebuah sisik yang tebal dan terbuat dari sebuah keratin yang diperkuat dengan sebuah lempengan tulang yang disebut dengan skuta yang sebagai pelindung. Berbeda dengan ular, sisik pada hewan buaya ini rontok satu persatu. Buaya juga memiliki otot yang kuat pada ekornya. Pada Kepala ordo crocodilian ini berbentuk piramida, keras dan kuat yang disertai dengan gigi yang runcing yang berfungsinya untuk mencabik-cabik mangsanya.
Contohdari ordo ini yaitu Buaya Air Tawar, Buaya Air Asin dan berbagai jenis bangsa buaya lainnya.
3. Ordo Chelonia
Ordo chelonian yaitu salah satu jenis hewan reptilian yang memiliki cangkang, Bentuk tubuh yang pendek dan lebar dilindungi oleh karapas dan plaston, tidak bergigi dan lidah tidak bisa menjulur. Cangkang pada jenis ordo ini yaitu pada bagian dari tulang belakang dan di modifikasi dari tulang rusuk yang berfungsi untuk pertahanan serta untuk perlindungan dari predator. Sedangakan cangkang bagian atas dari chelonian ini disebut dengan karapaks sedangkan pada bagian bawahnya disebut dengan plaston.
Contoh : hewannya yaitu Kura-kura dan penyu.
4. Ordo Rynchochephalia
Jenis reptil yang ini merupakan ordo terakhir dari kelas reptil. Hewan yang termasuk ke dalam ordo ini yaitu Tuatara dan satu satunya spesies yang termasuk ke dalam ordo ini. Dikabarkan bahwa hewan tuatara ini sudah hidup sejak zaman dinosaurus. Tuatara ini berasal dari pulau lepas pantai di Selandia Baru. Ciri-ciri pada tuatara ini sendiri yakni memiliki duri yang berderet di sepanjang tulang belakang dan memiliki mata ketiga yang berfungsi untuk mengenali suatu perbedaan antara gelap dan terang.





PERAN POSITIF REPTILIA
Peran positifnya sebagaai berikut:
1. Sebagai predator alami, contohnya ular memakan tikus, bengkarung memakan serangga.
2. Sebagai bahan pangan, contohnya daging ular, daging kura-kura, dan telur penyu.
3. Minyak ular atau racun ular dimanfaatkan manusia sebagai bahan obat-obatan.
4. Kulit buaya, ular, dan biawak serta penyu yang diperdagangkan sebagai bahan baku pembuatan tas, sepatu dll.
5. Bagi sebagian orang daging ular di jadikan makanan karena dipercaya memiliki khasiat sebagai obat.


PERAN NEGATIF REPTILIA
Peran negatifnya sebagai berikut:
1.Beberapa reptilia juga merugikan, misalnya ular memangsa hewan ternak dan ular berbisa dapat membunuh manusia.
2. Suka memangsa hewan ternak.
3.Dapat dijadikan senjata biologis.

PRESENTASI POWERPOINT.
silahkan download file powerpointnya untuk presentasi UNDUH DISINI

"TERIMA KASIH"

2 Responses to "KELAS REPTILIA | PENGERTIAN, CIRI-CIRI, KLASIFIKASI,PERANAN POSITIF DAN NEGATIF"

  1. Keren, semangat berkarya terus Bang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, pantengin terus updat-an dari KOMANG BUDI BLOG

      Delete

Komentar yang tidak sesuai dengan syarat & ketentuan kami, akan kami hapus