PENGERTIAN DAN BENTUK-BENTUK DAERAH ALIRAN SUNGAI (DAS).

PENGERTIAN DAN BENTUK-BENTUK 
DAERAH ALIRAN SUNGAI (DAS).

PENGERTIAN DAERAH ALIRAN SUNGAI.
Daerah Aliran Sungai (DAS) merupakan istilah yang merujuk pada suatu kawasan dimana air hujan, salju dan gletser mengalir menuju penampungan air seperti kali, sungai, danau, dan rawa-rawa. Penampungan air tersebut tersebut pada akhirnya akan menyalurkan air ke tempat yang lebih rendah hingga mencapai laut. Daerah aliran sungai bisa berupa kawasan kecil atau kawasan besar hingga mencapai areal ribuan kilometer persegi. Dalam bahasa Inggris disebut watersheds.


BENTUK-BENTUK DAERAH ALIRAN SUNGAI (DAS).




Para ahli hidrologi membedakan daerah aliran sungai berdasarkan pola alirannya. Pola aliran tersebut dipengaruhi oleh geomorfologi, topografi, dan bentuk wilayah. Menurut Sosrodarsono dan Takeda (1977), coraknya terdiri dari corak bulu burung, corak radial, dan corak pararel.
  • Corak bulu burung, disebut bulu burung karena bentuk aliran anak sungainya menyerupai ruas-ruas tulang dari bulu burung. Anak-anak sungai langsung mengalir ke sungai utama. Corak seperti ini resiko banjirnya relatif kecil karena air dari anak sungai tiba di sungai utama pada waktu yang berbeda-beda.
  • Corak radial, atau disebut juga menyebar. Anak sungai menyebar dan bertemu di titik-titik tertentu. Wilayahnya berbentuk kipas atau lingkaran. Memiliki resiko banjir yang cukup besar di titik-titik pertemuan anak sungai.
  • Corak pararel, memiliki dua jalur sub daerah aliran sungai yang sejajar dan bergabung di bagian hilir. Memiliki resiko banjir yang cukup besar di titik hilir aliran sungai.
Itu dia informasinya dan semoga bermanfaat.

0 Response to "PENGERTIAN DAN BENTUK-BENTUK DAERAH ALIRAN SUNGAI (DAS)."

Post a Comment

Komentar yang tidak sesuai dengan syarat & ketentuan kami, akan kami hapus